Mengapa 0 tidak bisa di jadikan IP local

Minggu, 31 Oktober 2010

Nah.. wat temen temen.... saya ada info penting..... wat temen" yang belom tau.... pernah denger kan... yang nama nya IP.... atau Internet Protocol.. nah tuh.... saya mau berbagi pengalaman nih.....

saya pernah di kasih pertanyaan sama guru di sekolah saya,,,, ip yg menggunakan 0/.0 di oktet ke empat (192.168.2.0/24) contoh nya seperti di samping....ada tidak.... dan bisa ga di pakai untuk ip umum.? nah... pasti jawaban nya ada tapi ga bisa..... alasan nya???? nah tuh...... pasti, pada dasar nya kita akan menjawab... "karena itu khusus untuk NET ID... atau network id dan juga untuk NETWORK saja...." nah.... jika seperti itu jawaban nya SALAH.... kenapa?.... sekarang kita lihat... ada tidak IP menggunakan 0 di oktet ke empat pasti ada... jika terdapat ip 192.168.5.2/18 coba hitung net id dan brodcast nya...
(saya anggap anda sudah mengetahui cara membaca angka biner)

11000000 . 10101000 . 00000011 . 00001010
11111111 . 11111111 . 11000000 . 00000000


lihat yang bergaris bawah.... untuk mencari net id ganti ganti.. angka yang di atas nol bergaris bawah dengan 1
dan untuk broadcast gantu dengan 0.. lalu hitung...

pasti kalian akan mendapat
net id : 192.168.0.0
Broadcast. 192.168.63.255
host : 192.168.0.1 - 192.168.63.254
nah kelihatan kan... kalo di lihat dari range nya... pasti ada ip menggunakan .0 di oktet ke empat....

IP TERSEBUT JUGA DI NAMAKAN IP PRIVATE

alasan  yang tepat adalah:


Dalam jaringan komputer dikenal dua tipe alamat IP yaitu public dan private. Alamat umum diberikan oleh Internet Service Provider (ISP) untuk berhubungan ke Internet. Bagi host di dalam organisasi yang tidak memerlukan akses langsung ke Internet alamat IP yang tidak menduplikasi alamat umum yang sudah diberikan masih tetap dibutuhkan. Untuk memecahkan persoalan alamat ini, para disainer Internet mencadangkan suatu bagian dari ruang alamat IP dan menamai ruang ini sebagai ruang alamat pribadi. Suatu alamat IP pada ruang alamat pribadi tidak pernah diberikan sebagai alamat umum. Alamat IP di dalam ruang alamat pribadi dikenal sebagai alamat pribadi atau Private. Dengan memakai alamat IP pribadi, pemakai dapat memberikan proteksi dari para hacker jaringan.
Karena alamat IP pada ruang alamat pribadi tidak akan pernah diberikan oleh Internet Network Information Center (InterNIC) sebagai alamat umum, maka route di dalam Internet router untuk alamat pribadi takkan pernah ada. Alamat pribadi tidak dapat dijangkau di dalam Internet. Oleh karena itu, saat memakai alamat IP pribadi membutuhkan beberapa tipe proxy atau server untuk mengkonversi sejumlah alamat IP pribadi pada jaringan lokal menjadi alamat IP umum yang dapat di-routed. Pilihan lain adalah menerjemahkan alamat pribadi menjadi alamat umum yang valid dengan Network Address Translator (NAT) sebelum dikirimkan di Internet. Dukungan bagi NAT untuk menerjemahkan alamat umum dan alamat pribadi memungkinkan terjadinya koneksi jaringan-jaringan kantor-rumah atau kantor yang kecil ke Internet.
Sebuah NAT menyembunyikan alamat-alamat IP yang dikelola secara internal dari jaringan-jaringan eksternal dengan menerjemahkan alamat internal pribadi menjadi alamat eksternal umum. Hal ini mengurangi biaya registrasi alamat IP dengan cara membiarkan para pelanggan memakai alamat IP yang tidak terdaftar secara internal melalui suatu terjemahan ke sejumlah kecil alamat IP yang terdaftar secara eksternal. Hal ini juga menyembunyikan struktur jaringan internal, mengurangi resiko penolakan serangan layanan terhadap sistem internal.

nah sekarang kalian ga usah lagi takut  berhadapan dengan guru test... maju terus pantang mundur..... ^_^

0 komentar: