Kembangkan 'Senjata Baru', Facebook Mulai Ancam Foursquare

Senin, 18 Oktober 2010

SAN FRANCISCO (Berita SuaraMedia) - Facebook tengah mengancam Foursquare dan Gowalla, Situs besutan Mark Zuckerberg itu bahkan disebut-tengah sudah mempersiapkan amunisi baru untuk menghadang laju Foursquare yang tengah menjadi primadona di ranah jejaring sosial berbasis lokasi.

Diberitakan Cnet, Facebook kabarnya akan segera meluncurkan sebuah API (Application Programming Interface) geolokasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengupdate status beserta lokasi di mana mereka berada.

Para pengembang aplikasi pun nantinya akan dapat menggabungkan API tersebut ke aplikasi kreasi mereka untuk menawarkan layanan dan game berbasis lokasi kepada pengguna.

Meski tidak membenarkan dengan lantang kabar yang berhembus tersebut, namun pihak Facebook mengakui tengah membuat sebuah layanan berbasis lokasi. Sayangnya, mereka enggan berkomentar lebih jauh.
"Kami sedang bekerja pada lokasi dan integrasi fitur produk, yang kami akan launching dalam beberapa bulan mendatang, dan kami akan berbagi informasi lebih lanjut jika diperlukan," terang juru bicara Facebook Larry Yu, seperti yang diberitakan Telegraph.

Namun, ketika fitur baru itu diluncurkan nantinya, maka itu akan merupakan ancaman besar bagi jaringan sosial berbasis lokasi, seperti Foursquare dan Gowalla, yang baru mulai lepas landas.

Memang layanan sejenis Foursquare, tengah mendapatkan ancaman dari pemain besar seperti Facebook dan Twitter, karena mereka berencana untuk menambahkan fitur lokasi untuk menarik pengguna yang lebih banyak lagi.

Namun demikian, Dennis Crowley, pendiri Foursquare tetap santai ketika kunci fitur dalam layanannya akan diadopsi situs lain, dan itu akan mengancam keberadaan mereka.

"Orang mulai bermain di lokasi yang lebih, Foursquare tetap unik karena orang-orang menggunakannya untuk alasan yang berbeda Mereka menggunakannya untuk bermain game,. menemukan menawarkan, memberitahu teman-teman di mana mereka dan menemukan tempat-tempat baru," tegas Dennis.

"Sedangkan di Twitter, orang saling menceritakan pikiran mereka yang lain, sedangkan pada Foursquare kita membangun insentif dan mendapatkan 'hadiah' untuk mendorong orang untuk mencoba tempat-tempat baru," tandasnya.
Sebuah sumber terpercaya mengklaim para teknisi Facebook bekerja sama dengan Localeze untuk mengembangkan fitur ini. Localeze merupakan perusahaan yang mendukung direktori 'Places' pada Twitter, yang memungkinkan pengguna Twitter menyertakan lokasi pada tweet mereka.(ar/ok/dt/tmp) www.suaramedia.com

0 komentar: